Apa itu Obyek ?
• Semua hal yang ada dalam dunia nyata, baik konkrit maupun abstrak• Contoh obyek konkrit : rumah, sekolah, dosen, mahasiswa, dll.
• Contoh obyek abstrak : mata kuliah, penjadwalan, dll.
Ciri-ciri atau karakteristik Obyek
• Obyek memiliki status (state) dan tingkah laku (behavior)• Status (state) disebut juga dengan atribut
• Contoh obyek : obyek mobil
– Atribut : merek, warna, bahan bakar
– Method : pindah persnelling, kecepatan bertambah, dll
• Pada OOP : status disimpan dalam variabel, dan tingkah laku disimpan dalam method
Apa itu Class ?
• Class merupakan tempat untuk membuat obyek• Di dalam class dideklarasikan variabel dan method yang dimiliki oleh obyek
• Proses pembuatan obyek dari sebuah class disebut dengan instantiation
• Jadi obyek merupakan hasil instansiasi dari class
• Obyek disebut juga dengan instance
Anggota Class (class member)
• Anggota Class terdiri dari atribut dan method.• Tiap anggota class memiliki kontrol pengaksesan tersendiri, artinya apakah anggota tersebut dapat diakses
dengan bebas (tipe public) atau hanya dapat diakses melalui sebuah interface.
Apa itu atribut ?
• Atribut adalah data yang dapat membedakan antara satu obyek dengan obyek yang lain• Contoh untuk class mahasiswa terdapat obyek mahasiswa si A, dan obyek mahasiswa si B. Yang
membedakan antara obyek si A dan obyek si B adalah NRP-nya yang merupakan atribut dari obyek
tersebut.
Instance variable vs. class variable
• Instance variable– Atribut yang dimiliki oleh obyek dari class yang sama
– Tiap obyek memiliki instance variable dan menyimpan nilainya tersendiri
– Jadi beberapa obyek yang berasal dari class yang sama, nilai instance variablenya boleh sama boleh
tidak.
• Class variable
– Atribut yang dimiliki oleh semua obyek yang berasal dari class yang sama
– Semua obyek memiliki nilai class variable yang sama
– Jadi semua obyek yang berasal dari class yang sama, nilai class variable-nya harus sama
Ilustrasi perbedaan class variable dan instance variable
• Ada seekor kucing bernama pusi dan seorang anjing bernama heli.• Keduanya merupakan dua obyek yang berbeda dan berasal dari class yang sama yaitu binatang.
• Obyek pusi dan obyek heli memiliki class variable :
– Jenis : binatang
– Ekor : ada
• Obyek pusi memiliki instance variable :
– Suara : meong
• Obyek heli memiliki instance variable :
– Suara : guggug
Sumber : http://lecturer.eepis-its.edu/~tessy/tutorial/java/Konsep%20Pemrograman%20Berbasis%20Obyek.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar